Strawberry cheese cake

Penasaran karena blm pernah bikin cheese cake, trus sampe sekarang juga belum kesampaian kursus cheese cake krn kelelep ma kerjaan di kantor. Konon cheesecake ini proses pembuatannya beda ma cake pada umumnya. Nah loh...bgmn ini??? Akhirnya konsultasi ma temen2 dimilis yg dah ahli bikin cheese cake. Makasih buat bu yumi yang dah ngasih tips2 dan trik untuk menaklukkan cheese cake, evel yg dah ngasih tips2 untuk bikin glaze buah2an, ma oom youtube yg dah ngasih tips2 via video..(aah..klo yg ini mah emang tugasnya dia..hehehe)

Akhirnya jadilah cheese cake diberi glave buah strawberry dan selai strawberry. Rasanya..Hmmm..enak bgt..

Ini penampakan Cheese cake baru keluar dari otang



Ini Penampakan Cheese cake setelah di make up...



Ini potongan melintang cheese cake..(pake bahasa teknik..)




Sumber:
Resep dari Elly (Aljo's Mom)

Bahan:
Bahan I
130 gram susu cair ( pake ultra)
40 gr butter (blueband)
125 gr cheddar cheese, diparut.

Bahan II
20 gr tepung terigu
15 gr maizena
2 bh kuning telor
1 sdt jeruk nipis (sedikit aja, untuk mengurangi bau amis telor)

Bahan III
3 buah putih telor
80 gr gula pasir
1/4 sdt cream tartar (aku tidak pake)

Bahan IV
1 sdm selai aprikot boleh diganti dengan selai strawberry atau blueberry
1 sdm air matang
Strawberry/peach/orange/kiwi sesuai selera..

tapi klo aku bikinnya dari buah strawberry asli, potong2 kecil.
Tambahkan air secukupnya dan gula sesuai selera, masak sampai mengental.

Cara membuat:
1. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, olesi dengan mentega. alasi dengan kertas roti, olesi lagi dengan mentega, hingga rata. Lapisi bagian luar dengan aluminium foil, pastikan loyang kedap air. Siapkan loyang untuk air rendaman, isi dengan air 1/4nya, saat pemanggang tinggi loyang tidak boleh lebih dari 1/3 loyang adonan.
2. Parutan keju+mentega+susu dalam panci kecil. Panaskan diatas api kecil sampai keju larut dan menjadi creamy. Jaga supaya krim keju jangan sampai gosong.
3. Dalam keadaan hangat, ayak terigu + maizena, aduk rata. masukkan kuning telor, aduk rata. Masukkan air jeruk nipis. Pastikan semua bahan menyatu.
4. Masukkan loyang yg berisi air ke loyang,nyalakan oven hingga suhu 160 derajat, jika tidak menggunakan oven tangkring (tidak ada termometernya), nyalakan api kecil saja. Asal api biru menyentuh dasar oven.
5. Kocok putih telor, masukkan gula pasir kocok sampe soft peak (masih ada jambul petruknya) jangan sanpe terlalu kaku. Masukkan kocokan putih telor ke dalam adonan keju. Aduk hingga rata bener. Tuang adonan ke loyang.
6. Cek loyang, jika sudah hangat (tidak sampe mendidih, ada gelembung2 kecil didasar loyang) Ini namanya teknik pemanggangan au bain marine.
7. Dalam keadaan hangat, balik adonan diatas serbet. Hati2 krn cake ini sangat lembut.
8. Penyelesaian : Selai aprikot dihangatkan dengan air matang. Olesi permukaan cheese cake dengan selai, hias dengan buah2an sesuai dengan selera.

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar: