Dried edible seaweed - miyukguk (seaplant soup )

Penasaran orang Korea demen banget ma sop rumput laut, dibuat untuk orang yang sedang berulang tahun & setelah melahirkan. Mo berkunjung ke restoran Korea, belum ada label halalnya, karena kegemaran orang Korea makan daging babi panggang sambil minum soju/bir. Akhirnya dapat juga si rumput laut ini, tapi ternyata beda ma rumput laut yang ada di sini, klo disini rumput lautnya enak buat dibikin manisan, klo rumput laut orang Korea buat lauk.

Rumput lautnya dah dijual kering dalam kemasan. Ambil sejumput, rendam pake air biasa aja, gak dingin juga gak panas, diemin 20 menit. Ini penampakannya


Tiriskan, cuci lagi, potong - potong, karena ini panjang - panjang. Abis itu di masak, pake udang/kerang/daging juga bisa, klo saya pake udang di iris trus ditumis pake minyak wijen sebentar aja, masukin air secukupnya, masukin bawang putih cincang, rumput laut masak sampai mendidih masukin bumbu kecap asin sedikit, kecap ikan sedikit, saos tiram dikit, garam sejumput, kecap manis dikit, jangan lupa selalu tes icip sesuai selera...jadi deh.



Teksturnya mirip jamur kuping hanya baunya seperti air rebusan ikan. Cocok dimakan untuk yang sedang diet, gak mengandung kolesterol, sepertinya menyehatkan. 

Klo masih penasaran ma makanan korea mampir aja di blognya Mangchi  lengkap tersaji. Klo saya pribadi penasaran ma pasta cabe dan pasta kedelainya.

Happy Cooking

Tidak ada komentar: